Selasa, 12 Juli 2016

Ikon Hiburan Di Kala Lebaran

Saya teringat beberapa dasawarsa lalu. Setiap lebaran tiba, semua kalangan menyambut dengan gembira. Tua muda dari berbagai ras dan daerah tampak begitu bersemangat ketika lebaran tiba. Kegembiraan ini datangnya selain dari silaturahmi antar pribadi, juga adanya hiburan yang dinantikan setiap lebaran tiba.

Kalau kita merelakan waktu untuk mengingat kembali ke masa silam, tentu kita akan setuju bahwa ada beberapa hiburan di layar kaca atau layar bioskop yang hanya ada saat lebaran tiba. Yang saya ingat pada era 80-90an ada beberapa penghibur yang tampil saat lebaran sebagai berikut ini.

1. Papiko
Hiburan berupa operet pimpinan Titik Puspa ini sering menghiasi layar TVRI setiap lebaran tiba. Walaupun motivasi awalnya terbentuk bukan dikhususkan sebagai pengisi lebaran, namun tampaknya job yang paling rutin ternyata saat momen lebaran. Papiko yang merupakan akronim dari Persatuan Artis Penyanyi Ibu Kota ini sebenarnya hanya sekedar ajang kumpul-kumpul sesama artis yang akhirnya membentuk suatu wadah hiburan.

Beberapa artis penyanyi yang sempat bergabung diantaranya yaitu Lilis Suryani, Anna Mathovani, Dina Mariana dan Chicha Koeswoyo. Operet lebaran yang sempat ditampilkan yaitu "Operet Bawang Merah dan Bawang Putih" atau "Lebaran Di Sana Lebaran Di Sini". Sampai awal tahun 90an Papiko masih tampil sebelum akhirnya vakum karena mulai munculnya beberapa televisi swasta.

2. Bimbo
Kita tentu sepakat bahwa lebaran selalu identik dengan Bimbo. Sampai akhir dekade 90an, baik radio maupun televisi banyak menghadirkan lagu-lagu yang disuarakan oleh Trio Bimbo dan Iin Parlina. Bimbo pun seperti tak berhenti menghasilkan karya yang bernuansakan religi khususnya dengan tema ramadhan dan lebaran. Sebagaimana lagu " Anak Bertanya Pada Bapak ", " Puasa " dan "Setiap Habis Ramadhan". Namun di era 2000an, peran Bimbo seperti tergeser oleh grup band populer yang juga membuat album religi.

3. Warkop DKI
Saat era gedung bioskop mencapai kejayaan, hampir pasti lebaran tidak akan dilewatkan dengan munculnya film-film milik trio Warkop DKI. Sejak era 80an hingga pertengahan 90an film Warkop DKI muncul setidaknya 1-2 kali dalam setahun. Nah yang pasti, 1 diantaranya itu muncul saat libur lebaran.

Pada era 90an saat orang sedang menikmati euforia lebaran, film Warkop DKI yang merajai tayangan bioskop. Kalau yang versi baru bisa dilihat di gedung bioskop, bila yang lebih lama biasanya diputar dalam bentuk layar tancap. Yang unik, saat momen lebaran semua film bertema seks yang banyak muncul pada era 90an harus minggir sejenak. Namun tetap saja bintang-bintangnya macam Inneke Koesherawati, Kiki Fatmala, Eva Arnaz atau Sally Marcelina bisa kita lihat sebagai pendukung dalam film komedi slapstick milik Warkop DKI.

Nah, itu sekilas yang saya amati melalui kenangan saya terhadap hiburan yang seringkali muncul saat lebaran tiba. Bagaimana pendapat anda. Atau ada hal lain di luar ketiga ikon di atas. Monggo ditambahkan. Matur nuwun.

(Okky T. Rahardjo, 085645705091, D06F638E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar