Minggu, 09 Agustus 2015

Tes UKD Calistung Kelas 4 SD




           Mulai hari Senin, 10 Agustus 2015 ini siswa SD kelas 4 sekota Surabaya mengikuti sebuah tes yang bernama Uji Kemampuan Dasar Baca Tulis Hitung (UKD Calistung). Tes yang menguji kemampuan dasar siswa ini berlangsung selama dua hari hingga hari Selasa, 11 Agustus 2015. Adapun jadwal hari pertama yaitu tes dengan kategori Membaca  yang dilanjutkan dengan Menulis. Sementara pada hari terakhir tes dengan nama Berhitung.

            Sejak 2011 Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengadakan UKD Calistung ini dengan sasaran siswa lulusan kelas 3 tahun ajaran lalu atau lebih tepatnya siswa kelas 4 tahun ajaran yang saat ini. Mulanya tes ini diadakan secara nasional namun pada tahun kedua tes ini tidak lagi digelar oleh pusat. Mengingat pentingnya tes ini untuk menguji kemampuan siswa, maka Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengagendakan kegiatan ini secara tahunan di awal tahun pelajaran baru.

            Tujuan dari UKD Calistung ini yaitu untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa yang diterima dari sejak kelas 1 hingga kelas 3. Sementara untuk menguji kemampuan siswa pada periode berikutnya diadakan pada ujian akhir saat kelas 6. Sebagai catatan, saat siswa memasuki kelas 4 pun masih banyak yang mengalami kesulitan memahami kemampuan dasar. Masih banyak yang sulit untuk memahami sebuah bacaan. Masih ada juga yang tidak menguasai menjawab pertanyaan secara tulisan. Bahkan masih ada juga yang tergagap untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

            Terlepas dari kekurangan yang ada pada tes UKD Calistung ini kita berharap yang terbaik terjadi pada dunia pendidikan Indonesia. Mudah-mudahan hasil Calistung mampu membawa manfaat yang baik untuk kelanjutan pendidikan siswa-siswi selanjutnya. Kemampuan dasar siswa yang dimiliki diharapkan bisa memperbaiki kekurangan yang dimiliki dan meningkatkan kelebihan yang dipunyai siswa.  Jayalah selalu pendidikan Indonesia !

( Okky T. Rahardjo, 085645705091, 518CC94A )

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar