Rabu, 17 Desember 2014

B Flat, Tetap Memikat Penggemar Koes Plus Di Kota Madiun



Heboh dan rame…itulah kesan setiap kali nonton penampilan band pelestari yang satu ini saat menyuarakan lagu-lagu Koes Plus di kota Madiun. Pada suatu malam yang dibasahi oleh guyuran air hujan yang tidak kunjung reda sejak usai maghrib, warga kota Madiun yang juga merangkap sebagai penggemar Koes Plus sudah bersiap diri menuju sebuah titik. Saat itu mereka seperti dilanda kehausan oleh hiburan berupa tembang-tembang Koes Plus yang akan dibawakan oleh band pelestari kesayangan warga Kota Madiun. Tepat sekali, saat itu B Flat sedang hadir untuk menghibur warga Madiun dan sekitarnya.

Sebuah titik yang dituju yaitu Fire Club sebuah tempat hiburan malam yang populer di kalangan warga kota Madiun. Tepat pkl. 23.00, B Flat sudah bersiap diri di panggung utama menggantikan home band Fire yang selama beberapa waktu menghibur pengunjung dengan lagu-lagu top 40 baik Indonesia maupun mancanegara. Malam itu B Flat kembali mengisi regularitas sebagai pendendang lagu-lagu Koes Plus di Fire Club. Setidaknya setahun sekali B Flat dapat dipastikan mengisi hiburan di tempat hiburan yang menawarkan fasilitas karaoke dan diskotik ini. Hal ini sudah dilakukan mereka selama kurang lebih dua puluh tahun tanpa terputus dan kehadirannya selalu dinantikan oleh penggemar Koes Plus di kota ini.

Keempat personel B Flat tanpa banyak basa-basi di awal penampilan langsung menggebrak dengan lagu karya Murry yang berjudul “Bersama Lagi”. Sebuah tembang yang mengisahkan sebuah kerinduan untuk berjumpa dan tidak ingin berpisah lagi. Satu lagi langkah kreatif sebuah band pelestari yang patut diacungi jempol. Di kala sebagian besar band pelestari memilih langkah untuk membuka acara dengan Laguku Sendiri, B Flat menjadi salah satu band yang berbeda langkah. Vokal empuk Wahyu yang ditimpali serangkaian vokal oleh Arwet, Hans dan Arif mampu mengembalikan lagu ini benar-benar serasa dibawakan oleh Koes Plus sang penyanyi aslinya.

Tembang Kembali menjadi pilihan berikutnya yang mampu menyemarakkan suasana. Saat memasuki bagian reffrein lagu, terdengar seperti alunan koor massal yang disuarakan oleh pengunjung yang memadati tempat hiburan yang terletak di pusat kota Madiun itu. Hans yang mengawali dengan teriakan “ooh..ooh…” seakan merupakan aba-aba untuk semua yang hadir menyanyikan lanjutan lagu itu secara bersama-sama. Setelah Kembali sukses mendarat dengan mulus, barulah Arwet menyampaikan kata-kata pembuka sambil menyapa para pengunjung, secara khusus pada beberapa tokoh yang malam itu ikut hadir termasuk diantaranya mantan walikota Madiun yaitu Kokok Raya.

Berikutnya secara bertubi-tubi B Flat melontarkan tembang-tembang populer karya Koes Plus, yang mampu diikuti dengan baik oleh penonton yang sudah mulai beranjak dari tempat duduk untuk berdiri di depan panggung. Dara Manisku, Manis dan Sayang atau Muda Mudi mampu diresponi oleh penonton yang sudah makin panas terbawa suasana acara. Mereka bernyanyi, bergoyang, dan sekedar menghentakkan kaki mengikuti irama lagu. Bahkan beberapa orang penonton ada yang memberikan saweran pada B Flat yang dititipkan pada sang vokalis. Arwet sebagai penerima saweran tentu saja gembira dan menyampaikan rasa terima kasihnya dengan kata-kata khasnya yang jenaka dan mengundang pengunjung lain untuk melakukan hal serupa.

B Flat malam itu mampu membuktikan diri bahwa mereka salah satu yang terbaik di kelasnya. Mereka bukan saja menghadirkan nostalgia melalui lagu-lagu Koes Plus yang dibawakan, namun terlebih dari itu juga mampu membawakannya dengan menghibur siapa saja yang melihatnya. Arwet yang sepintas gaya dan vokalnya mirip Yon Koeswoyo pun mampu membawakan acara dengan cair selain kepiawaiannya menyanyikan ulang tembang-tembang legendaris itu. Hans yang menjadi tandem Arwet mampu juga berperan sebagai Yok Koeswoyo dalam mengisi duet vokal.

Demikian juga Arief sang pemencet keyboard dan pemetik melody gitar sudah mampu mengisi posisi sebagai Tonny Koeswoyo melalui lagu-lagu yang dibawakannya secara baik. Adapun drum diisi oleh Wahyu yang pendiam namun mampu menjaga ketukan lagu-lagu Koes Plus secara optimal. Bahkan pembagian lagu sesuai karakter vokal masing-masing pun menunjukkan bahwa mereka bukan band pelestari yang asal-asalan.

Secara individu, berikut tampak keperkasaan masing-masing personel dalam mengolah lagu. Arief yang menyanyikan Jangan Berulang Lagi dan Untukmu. Hans yang melagukan Untuk Dia dan Jemu. Serta Wahyu yang menyanyikan Kembalilah dan Nusantara VII. Tak ketinggalan sang vokalis yang kebagian posisi Yon Koeswoyo dalam lagu Selalu atau pun Doa Suciku. Secara gabungan mereka pun kompak ketika menyanyikan Da Da Da yang terdapat pembagian vokal secara bergantian.

Pentas B Flat seringkali berbeda dibandingkan band pelestari lainnya. Bila band lain hanya mementaskan lagu selama satu atau dua jam, maka B Flat mampu bertahan selama tiga jam lebih. Malam makin larut melewati pkl. 00.00, namun tak tampak tanda-tanda keletihan penonton. Yang ada malah makin larut makin bersemangat dan menambah gairah para pengunjung yang hadir menikmati lagu-lagu Koes Plus. Makin rancak lagu yang dibawakan, makin gencar goyangan kepala dan hentakan kaki penonton. Gelas pun makin banyak berputar….

Beberapa lagu yang dinyanyikan B Flat : Bersama Lagi, Kembali, Dara Manisku, Manis dan Sayang, Muda Mudi, Selalu, Kembalilah, Nusantara VII, Derita, Untukmu, Untuk Dia, Da Da Da, Bujangan, Jangan Berulang lagi, Jemu, Kisah Sedih di Hari Minggu.

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai penampilan B Flat di Kota Madiun. Mohon maaf bila ada rangkaian kata dan kalimat yang kurang berkenan. Selamat berjuang B Flat dalam melagukan karya besar Koes Plus.

( Okky T. Rahardjo, penggemar Koes Plus dari Surabaya-085645705091 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar