Kamis, 03 Januari 2013

KPK Madiun : Geliat Penggemar Koes Plus Di Kota Brem

-->
                Sebuah sejarah baru dalam pelestarian Koes Plus tela terbentuk di kota Madiun. Tepatnya pada 16 September 2012, dengan semangat yang kuat disertai hati yang tulus, penggemar Koes Plus di wilayah Madiun resmi mendirikan Komunitas Pelestari Kes Plus ( KPK ) Madiun. Keberadaan komunitas ini terhitung terlambat, bila dibandingkan wilayah sekitarnya. Perlu diketahui, di Magetan Ngawi maupun Cepu telah lebih dulu terbentuk komunitas penggemar Koes Plus. Namun Madiun sebagai kota besar di karesidenan tersebut malah belum ada sama sekali, padahal penggemar Koes Plus begiytu banyak dan sejarah per-Koes Plus-an di kota ini tidak sedikit.
                Semangat itu terpercik saat beberapa penggemar Koes Plus kota Madiun secara pribadi diundang di acara halal bi halal yang diselenggarakan oleh JN Surabaya pada 3 Oktober 2010 di restoran Dream Cars, Wiyung. Pada acara yang dihadiri oleh Yon Koeswoyotersebut penggemar Koes Plus dari Madiun hadir secara pribadi karena memang belum ada koordinasi resmi. Saat itu yang hadir Agus Wisono, Agus Winarno dan Agus Hartoko. Sepulang dari acara itu, di hati masing-masing sempat terpikirkan supaya membentuk fans club Koes Plus. Namun tak mudah mewujudkan hal tersebut.
                Singkat cerita, beberapa penggemar Koes Plus yang saling mengenal mulai menjalin komunikasi antar satu dan lainnya. Seperti mengumpulkan tulang yang terpisah akhirnya penggemar Koes Plus ini mulai berhimpun. Beberapa even Koes Plus mereka datangi untuk membentuk kesolidan antar penggemar Koes Plus. Yang tercatat, ketika B Flat pelestari dari Jakarta tampil di Fire Club Madiun, mereka hadir. Begitu juga kala acara Senandug Malam di RRI Madiun yang menampilkan D Plus Magetan, penggemar Koes Plus ini turut memeriahkan. Bahkan ketika pada tahun 2011 terselenggara konser reuni Koes Bersaudara di Hotel Merdeka, penggemar Kes Plus kota Madiun kembali berjumpa.
                Seringnya berjumpa itu pula yag membuat mereka memiliki teka untuk bersatu dalam sebuah wadah. Setelah mealui beberapa pertemuan kecil, akhirnya disepakati terbentuknya KPK Madiun. Sebagai ketua dipercayakan Tri Cahyono ( bp. Tri ). Komunitas ini berdiri meliputi wilayah kota maupun kabupaten Madiun. Apabila ada salah seorang rekan yang mengadakan hajatan, maka segenap anggota KPK Madiun pun dengan senang hati mendukung untuk memeriahkan acara.
Sebagaimana yang terjadi pada Sabtu, 29 Desember 2012 lalu, saat itu salah seorang anggota KPK Madiun mengadakan hajatan khitanan, untuk memeriahkan acara maka ditampilkan Koes Plus Mania band dari Caruban yang duipimpin oleh Wito, mantan personel KPM Surabaya. Saat itu sekelompok pasukan berseragam merah bertuliskan KPK Madiun pada bagian belakang, tampak antusias bernyanyi bersama. Seusai acara yang diselenggarakan di jl. Cokroaminoto itu, mereka secara berbondong-bondong menyerbu RRI Madiun untuk menyaksikan penampilan D’ Plus band (pelestari dari Magetan) dalam acara Konser Harmoni 3 Generasi.
Even besar pertama mereka terjadi pada malam menyambut tahun baru 2013. Sekitar 50 orang hadir di rumah makan “Selendang Biru” yang terletak di Jl. Pringgodani 53 Madiun. Pemilihan lokasi acara itu mengingat pemiliknya yaitu bp. Didit merupakan Pembina KPK Madiun. Sekaligus, tempat tersebut merupakan base camp berkumpulnya penggemar Koes Plus.
                Masih belum banyak kegiatan menonjol yang dilakukan, mengingat komunitas ini masih tergolong baru. Yang rutin, setiaphari minggu merek berkumpul di base camp atau secretariat untuk bernyanyi bersama secara elektone. Adapun band KPK Madiun sendiri baru memulai debutnya pada malam tahun baruan tersebut. Agus Winarno, selaku wakil ketua menyatakan bahwa komunitas ini berdiri bukan untuk menyaingi siapa pun, melainkan untuk mewadahi penggemar Koes Plus yang berada di lingkup Madiun. Bahkan beliau berani berkata bahwa KPK Madiun tidak berpihak pada 1-2 personel Koes Plus secara pribadi, melainkan pada Koes Plus itu sendiri secara utuh sebagai sebuah band.
                Bila anda kebetulan singgah di kota ini, silakan menghubungi rekan-rekan KPK Madiun untuk menjalin persahabatan yang lebih erat sesama penggemar Koes Plus. Tri Cahyono (ketua—08563505050 ) tinggal di jl. Salak dan Agus Winarno (wkl. Ketua—081572066964) yang menghuni jl.Anggoro Manis II/48 Komplek perumahan manis rejo, Madiun.  Menyadari komunitas ini masih tergolong pemula, saran, kritik dan masukan sangat mereka nantikan dengan segala kerendahan hati.
                Selamat melestarikan karya Kes Plus…Merdeka !!
                Demikian yaang dapat kami sajikan mengenai tumbuhnya komunitas penggemar Koes Plus di kota Madiun. Mohon maaf atas kesalahan daam rangkaian kata maupun tulisan. Terima kasih.
                Okky T. Rahardjo ( penggemar Koes Plus dari Surabaya, 085645705091 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar