Rabu, 29 Februari 2012

Kerupuk Upil Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya


Sore hari sekitar pkl. 16.00, kami melintasi terminal Joyoboyo selepas jembatan Mayangkara. Tak kami sangka, ada penjual krupuk Upil yang melintasi jalanan menjajakan dagangan makanan ringan khas Surabaya. Kerupuk upil ini adalah makanan ringan yang disajikan dengan cita rasa khas yang asin dengan bentuk bulatan kecil. Bagi sebagian warga Surabaya, tentu bukan hal yang asing lagi terhadap makanan yang satu ini. Selalu nikmat bila dimakan dengan sajian petis sebagai pelengkap.

Saat itu kami menjumpai pedagang kerupuk upil ini dengan bentuk dagangan yang khas sebagaimana pedagang kerupuk upil pria. Mendorong gerobak biru yang bermuatan seplastik besar kerupuk upil, diselingi es kelapa muda yang diletakkan tertutup di tengah dan seember kecil sambal petis. Sangat khas menghiasi jalanan kota Surabaya yang begitu macet dan panas.

Hampir semua sudut kota Surabaya terdapat penjual makanan ini. Selalu sama kemasan dagangannya. Tidak ada patokan harga yang pasti, berapa saja anda beli pasti dilayani. Saat itu kami membeli sejumlah tiga ribu rupiah yang dikemas dalam sebungkus plastik kecil. Terasa enak untuk kami nikmati sepanjang perjalanan pulang.

Penjual yang satu ini biasa mangkal di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, mulai sore hingga jam sembilan malam beliau "berdinas" di lapangan bersama pedagang kaki lima yang lain. Tetap tekun menyusuri jalanan kota Surabaya sebelum menuju lapangan, bapak tua ini setia juga menjajakan kerupuk upil yang sangat digemari oleh tua muda warga metropolis. Sekali kali kami mengamati, ternyata peminat kerupuk ini bukan hanya "warga kampung kelas ekonomi menengah ke bawah", tapi sering juga penghuni mobil-mobil yang tergolong mewah berhenti hanya untuk membeli makanan murah meriah ini.

Kerupuk upil, pernahkah anda menikmatinya ?


1 komentar:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

    BalasHapus